Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G

Hi sob ,,kali ini saya akan memberikan post untuk agan agan semua dan memberikan sebuah info tentang kekurangan dan kelebihan jaringan 4G ,,tetapi apakah anda tau apa itu jaringan 4G ,mungkin untuk para pengguna smartphone udah nggak asing lagi tentang yang satu ini tetapi ini mungkin juga udah banyak yang tau karena udah lama ,,dan panyak konsumennya dari remaja ,orangtua,adik, anak anak ,kakek nenek, ayah ibu ,saudara ,temen yang muda, yang tua ,yang miskin yang kaya dan yang lain nya .....hehehehehehehe..
oke kita lanjut ke materi ,jadi sebelum itu saya akan menjelaskan sebenarnya sejarah nama 4G LTE


Sejarah Nama LTE

Di setiap teknologi pasti memliki arsitektur jaringannya sendiri-sendiri. GSM, CDMA, WCDMA dan 4G LTE (Long Term Evolution) pun sama. Sekedar untuk permulaan bahwa, kebanyakan orang salah menamai keseluruhan jaringan generasi ke empat disebut dengan LTE, padahal sejatinya LTE hanya merupakan bagian air interface dari jaringan generasi keempat tersebut. Keseluruhan jaringan generasi ke empat disebut dengan EPS (Evolved Packet System), namun sudah familiar dengan LTE, dan akhirnya nama ini lah yang sering digunakan.

nah jadi nama LTE bukan lah yang sebenarnya yang sebenarnya adalah EPS ,tetapi karena kesalah pahaman manusia dan karena sudah familiar dengan LTE maka ya jadi namanya LTE ,padahal LTE adalah interface nya 4g atau bisa disebut penghubung perangkat 4g

baca juga: Arsitektur jaringan 4G...

 oke lanjut ke permasalahan ,,,setelah cari banyak posting artikel di google.com
akhirnya nemu juga ...yaaa walaupun sedikit copas tapi nggak semua kok...heheheheheh
oke pertama tama saya akan menjelaskan kelebihan jaringan 4G

KELEBIHAN JARINGAN 4G  

      1.Kecepatan download seluler sebesar 100 Mbps atau lebih

Salah satu hal yang paling hebat dari koneksi jaringna 4G LTE pada smartphone anda adalah kecepatan download yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan 3G pada umumnya. Ya, biasanya, kecepatan mendownload pada smartphone tidaklah fantastis, namund dengan adanya jaringan 4G LTE ini, kecepatan download menjadi jauh lebih fantastis, bahkan bisa menyamai kecepatan download dari layanan internet rumah.

  1. Streaming anti buffering dengan menggunakan telepon seluler anda

Selain mendownload menjadi lebih cepat, penggunaan jaringan 4G LTE ini juga membuat streamin menjadi jauh lebih cepat, dan tidak akan menemukan buffering pada saat anda melakukan streaming dengna menggunakan jaringan 4G LTE.

  1. Pengalaman internet menjadi lebih cepat

Dengan menggunakan 4G LTE pada smartphone anda, maka akan sangat meningkatkan pengalaman berinternet anda menjadi lebih baik dan juga lebih memuaskan. Tentu saja anda dapat membuka situs – situs web dengan menggunakan smartphone anda dengan lebih mudah, lebih cepat dan juga lebih stabil dari pada hanya menggunakan teknologi 3G.

  1. Video call menjadi lebih lancar dan sangat mempermudah komunikasi

Penggunaan teknologi 4G LTE juga sangat berpengaruh kepada penggunaan internet telephone dan juga video call. Saat ini, penggunaan video call menggunakan smartphone dan juga jaringan operator seluler sudah banyak digunakan, seiring dengan banyaknya aplikasi mobile yang mendukung hal ini. karena itu, dengan menggunakan jaringan 4G LTE, anda akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan menggunakan internet call dan juga video call menggunakan smartphone anda.

    5. Lebih Murah 

Ya jaringan 4G memang lebih murah di bandingkan yang lain karena dalam tidak membutuhkan petangkat yang terlalu banyak dalam membuat server 4G,,bayangkan 20 GB hanya 80 ribu rupiah ,,coba kalo 3G udah 200 ribuan ,,

Selai ada kelebihan semua yang dibuat manusia pasti ada kekurangan nya ,,dan kekurangan itu cukup mengecewakan konsumen ,,nah ada beberapa kekurangan yang ada sebagai berikut:


  1. Masih sedikit cakupan wilayah yang tercover oleh jaringan 4G LTE

Kekurangan pertama dari jaringan 4G LTE ini dalah dari segi cakupan wilayahnya. Ya, karena masih merupakan jaringan baru yang diimplementasikan di Indonesia, maka hal ini menjadi salah satu kendala beroperasinya jaringan 4G LTE di Indonesia. Berbeda dengan 3G, yang mana hampir seluruh wilayah Indonesia sudah tercover, maka untuk teknologi jaringna 4G LTE ini hanya sedikit wilayah Indonesia yang sudah tercover jaringan 4G. Beberapa lokasi di Pulau Jawa, serta bebrapa ibukota di berbagai pulau di Indonesia sudah bisa merasakan teknologi jaringna 4G LTE ini. Namun beberapa daerah belum bisa meraskaan bagaimana fantastisnya jaringan 4G LTE ini.

  1. Untuk dapat menikmati jaringan 4G LTE harus melakukan proses penukaran SIM Card Terlebih dahulu

Sebenarnya bukan masalah untuk mnukarkan SIM Card terlebih dahulu untuk dapat menikmati jaringan 4G LTE ini. namun demikian, terkadang hal ini cukup merepotkan, karena kartu SIM bawaan yang lama memang belum dapat menerima jaringan 4G LTE, karena masih berbeda jaringan. Karena itu, apabila anda ingin menikmati kecanggihan teknologi 4G LTE ini, anda tidak bis menggunakan sim card lama anda, dan harus menukarkannya ke operator seluler kepercayaan anda di kota – kota anda.

  1. Jaringan 4G LTE masih cenderung belum stabil, terutama ketika dibawa berpergian keluar kota atau daerah

Kelemahan lainnya dari jaringan 4G LTE ini adalah masih belum stabil. Lagi – lagi hal ini disebabkan karena area cakupan 4G LTe yan gbelum merata di seluruh Indonesia. Hal ini menyebabkan, ketika anda berpergian keluar kota, kemungkinan jaringna 4G LTE yang anda gunakan bisa saja mengalami gangguan, karena daerah yang akan anda kunjungi belum tercover sepenuhnya oleh jaringan 4G LTE yang anda gunakan.

  1. Keterbatasan perangkat handheld atau smartphone yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE 


Untuk dapat mencoba menggunakan jaringan 4G LTE ini, tentu saja anda tidak dapat menggunakan handphone biasa. Bahkan tidak semua smartphone saat ini sudah mendukung jaringan 4G LTE. Karena itu, anda pun tidak bisa langsung menggunakan dan juga menikmati jaringan 4G LTE ini di handphone anda. anda harus menganti handphone anda dengan smartphone yang sudah support dengan jaringan 4G LTE. Dan beberapa handphone yang sudah mendukung 4G LTE biasanya memiliki harga beli yang cukp tinggi, belum ada handphone 4G LTE yang bisa anda peroleh dengan harga dibawah 1 juta rupiah, berbeeda degnan ponsel 3G yang bahkan dengan 500 ribu pun sudah bisa anda peroleh.tetapi igat kelebihan dari 4G..harga paketan cukup murah..bila di bandingkan 3G

  1. Penggunaan internet kebanyakan masyarakat Indonesia yang masih berfokus pada media sosial, dan sedikit yang memanfaatkan 4G LTe untuk kepentingan lainnya.

Kelemahan lainnya dari teknologi jaringan 4G di Indonesia ini adalah dari segi utilitas. Saat ini pengguna internet di Indonesia masih berfokus pada penggunaan yang konsumtif, seperti media sosial, belanja online, dan juga browsing – browsing konten yang tidak menambah ilmu. Padahal, dengan adanya jaringan 4G LTE ini, user bisa memanfaatkan kecepatannya untuk meningkatkan kualitas hidup, seperti mencari referensi pendidikan, ilmu populer terbaru, dan mengembangkan bisnis internet baru. Dengan focus masyarakat Indonesia yang masih banyak menggunakan internet hanya untuk bermain media sosial, maka teknologi 4G LTE tidak terlalu cocok dengan karakter masyarakat Indonesia, meskipun tidak semuanya seperti itu.

 sumber:http://dosenit.com/jaringan-komputer/internet/kelebihan-dan-kekurangan-4g-lte

Sebagai konsumen kita harus bijak dalam menggunakan barang atau jasa yang akan dimanfaatkan ,mungkin ini akan menjadi pertimbbangan khusus untuk anda agar lebih cermat dalam memilih barang atau jasa ..
untuk artikel selanjutnya mungkin akan lebis seri lagi yang akan dibuatt.....ikuti terus ya..

 Terima kasih



Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G Reviewed by Unknown on Maret 21, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Catur Ahmad Burhanudin. Diberdayakan oleh Blogger.