apa itu BTS

Hi semua kali ini saya alias admin akan membarikan sebuah ulasan atau artikel tentang penjelasan BTS ,,Mungkin yang udah pernah kerja di core network udah paham apa itu BTS tetapi kan disini banyak orang cupu cupu yang mau cari info tentang BTS ya untuk hanya sekedar iseng atau untuk tugas sekolah atau ingin serius belajar ini ,,TERSERAH ANDA boleh copas kok kalo bermanfaat buat anda..
Pertama tama kita akan memperkenalkan Apa Itu BTS ???




WHAT is The BTS???????

BTS juga disebut sebagai radio base station (RBS),

 node B (di Jaringan 3G) atau sederhananya disebut base station (BS).Meskipun istilah BTS dapat diterapkan ke salah satu standar komunikasi nirkabel, biasanya dan umumnya terkait dengan teknologi komunikasi mobile seperti GSM dan CDMA. Dalam hal ini, BTS merupakan bagian dari base station subsystem (BSS).

Ya kalo menurut aku pribadi si BTS ya perangkat yang digunakan untuk memancarkan dan menerima signal dari perangkat lain ,,,,(dibuat sesimpel mungkin hehe)
Selanjutnya baca dibawah ini ,saya ragu apa anda maksud apa tidak tulisan yang di bawah ini ?hehehe  

BTS juga kemungkinan memiliki peralatan untuk mengenkripsi dan mendekripsi komunikasi, alat filtering spectrum (band pass filter), dll. Antena juga dapat dipertimbangkan sebagai komponen dari BTS dalam arti umum memfasilitasi fungsi BTS. Biasanya BTS akan memiliki beberapa transceiver (TRXs) yang memungkinkan untuk melayani beberapa frekuensi yang berbeda dan berbagai sektor sel (dalam kasus BTS sectorised). Sebuah BTS dikendalikan oleh parent base station controller melalui fungsi base station kontrol (BCF). BCF ini diimplementasikan sebagai unit diskrit atau bahkan tergabung dalam TRX di compact base stations. BCF menyediakan koneksi operasi dan maintenance (O & M) dengan sistem manajemen jaringan (Network Management System/NMS), dan mengelola kondisi operasi dari TRX masing-masing, serta penanganan perangkat lunak dan alarm. Struktur dasar dan fungsi dari BTS tetap sama tanpa teknologi nirkabel.




 Tetapi kenapa sih harus ada bts???ya harus kan ada hp hehe kalo bahasa keren nya sih mobile station(sok inggris)jadi berdua ini ada hubungan simbiosis mutualisme dimana kedua belah pihak saling di untungkan ,,
ya mudah mudahan mudeng :)

ok lanjut.......

APA ITU MS

Mobile Station (MS)


Mobile Station (MS) terdiri dari dua komponen:
  1. Mobile Equipment (ME)

    Mobile Equipment (ME) ini mengacu pada telepon fisik/handphone itu sendiri. Telepon harus dapat beroperasi pada jaringan GSM. Ponsel lama atau ponsel zaman dulu dioperasikan pada single band (pita tunggal) saja. Sedangkan ponsel yang terbaru mampu beroperasi pada dual-band, triple-band, dan bahkan quad-band. Sebuah ponsel quad-band memiliki kemampuan teknis untuk beroperasi pada jaringan GSM di seluruh dunia.

    Setiap telepon secara unik diidentifikasi oleh International Mobile Equipment Identity (IMEI). Nomor ini disematkan di telepon oleh produsen. IMEI biasanya dapat ditemukan dengan menghapus baterai telepon dan membaca panel dalam baterai juga, atau dapat dilihat pada kardus/kemasan ponsel.

    Ada kemungkinan untuk mengubah IMEI pada ponsel untuk mencerminkan IMEI yang berbeda. Hal ini dikenal sebagai spoofing IMEI atau kloning IMEI. Hal ini biasanya dilakukan pada ponsel curian. Pengguna biasa tidak memiliki kemampuan teknis untuk mengubah IMEI sebuah ponsel.

    Subscriber Identity Module (SIM)

  2. SIM adalah suatu chip atau small smart card yang dimasukkan ke telepon dan membawa informasi khusus untuk pelanggan, seperti IMSI, TMSI, Ki (digunakan untuk enkripsi), Name Service Provider (SPN), dan Identitas Area Lokal (LAI). SIM juga dapat menyimpan nomor telepon (MSISDN) yang didial maupun yang diterima, Kc (digunakan untuk enkripsi), buku telepon, dan data untuk aplikasi lain. Kartu SIM dapat diganti dari satu telepon dan dimasukkan ke ponsel lain yang mendukung teknologi GSM dan pelanggan akan mendapatkan layanan yang sama seperti biasa.

    Setiap kartu SIM dilindungi oleh 4-digit Personal Identification Number (PIN). Untuk membuka kartu, pengguna harus memasukkan PIN. Jika PIN yang dimasukkan salah tiga kali berturut-turut, kartu akan terblokir dengan sendirinya dan tidak dapat digunakan. Hal tersebut hanya dapat dibuka dengan 8-digit Personal Unblocking Key (PUK), yang juga disimpan di kartu SIM.

BTS

Balik lagi ke Base Transceiver Station. BTS adalah akses point Mobile Station untuk ke jaringan. BTS ini bertanggung jawab untuk melaksanakan komunikasi radio antara jaringan dan MS (Mobile Station). BTS juga menangani speech encoding, enkripsi, multiplexing (TDMA), dan modulasi / demodulasi dari sinyal radio. Selain itu juga mempunyai kemampuan frekuensi hopping. Sebuah BTS akan memiliki antara 1 dan 16 Transceivers (TRX), tergantung pada geografi dan permintaan pengguna dari suatu area. TRX Masing-masing mewakili satu ARFCN.

Satu BTS biasanya mencakup/mengcover 120 derajat sektor tunggal dari suatu daerah. Biasanya sebuah menara/tower dengan 3 BTS akan menampung semua area sebesar 360 derajat di sekitar menara. Namun, tergantung pada geografi dan permintaan pengguna dari suatu area, sebuah sel dapat dibagi menjadi satu atau dua sektor, atau suatu sel kemungkinan dilayani oleh beberapa BTS dengan cakupan sektor yang lebih luas.

Sebuah BTS diberikan sebuah Identitas Cell. Identitas sel adalah 16-bit nomor (double octet) yang mengidentifikasi sel yang berada di wilayah lokasi tertentu. Identitas sel adalah bagian dari Cell Global Identification (CGI), yang dibahas dalam bagian tentang Visitor Location Register (VLR).

Interface antara MS dan BTS yang dikenal sebagai Um Interface atau Air Interface.


nah sampe sini apakah anda mudeng ?????semoga mudeng ...nah setelah mempelajari sedikit tentang bts ada satu lagi alat/perangkat yang sangat penting bagi si BTS yaitu BSC

sekali lagi APA itu BSC??????????

Base Station Controller (BSC)



BSC mengontrol beberapa BTS. BSC menangani alokasi saluran radio, frekuensi administrasi, daya dan pengukuran sinyal dari MS, dan pergerakan dari satu BTS ke BTS yang lain (jika kedua BTS dikendalikan oleh BSC yang sama). Sebuah BSC juga berfungsi sebagai "funneler". Yakni mengurangi jumlah koneksi ke Mobile Switching Center (MSC) dan memungkinkan untuk koneksi berkapasitas tinggi ke MSC.
dan ada fungsi lagi yang lain yaitu power ,,nah power ini berfungsi untuk menghidupkan si bts agar memancarkan sinarnya ehhh maaf signalnya dan menerima signal dari perangkat lain...

Sebuah BSC akan di sandingkan (Collocation) dengan BTS atau mungkin secara geografis terpisah. Bahkan mungkin disandingkan dengan Mobile Switching Center (MSC).

Interface(penghubung) antara BTS dan BSC dikenal sebagai Abis Interface  nah udah tau kan sekarang
kesimpulannya adalah 
bts adalah pemancar dan penerima signal dari perangkat lain dan harus ada yang mengontrolnya maka kita perlukan bsc ,BSC mengontrol beberapa BTS. BSC menangani alokasi saluran radio, frekuensi administrasi, daya dan pengukuran sinyal dari MS, dan pergerakan dari satu BTS ke BTS yang lain (jika kedua BTS dikendalikan oleh BSC yang sama).

sebenarnya masih banyak yang ingin ane sampein tapi ini untuk ilmu dasarnya dulu nanti akan tak buatin artikel untuk yang para mastah mastah hehe,,tetapi bukan nya ane menggurui loh...kita hanya menukar informasi melalui internet untuk itu sering seringlah berbagi ilmu di internet ,nah selanjutnya sabarnya cari artikel yang lain dulu untuk pendalaman masalah core network jadi ....nikmatilah prosesnya ok SEKIAN
terima kasih 

sumber:www.google.com  ,  bp.blogspot.com
apa itu BTS apa itu BTS Reviewed by Unknown on Maret 17, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Catur Ahmad Burhanudin. Diberdayakan oleh Blogger.