Arsitektur Jaringan Gsm

Hi apa kabar semua ? pasti sehat ..kali ini admin mau bagi info nih tentang Jaringan GSM ,,buat yang kuliah di telekomunikasi atau bisa juga di TE mungkin udah nggak asing lagi dengan yang satu ini karena kerjaannya ya memang itu hehehehe,,tapi kalo buat orang kaya kite kite mana mau belajar yang ginian maunya ya jadi aja gitu...Untuk itu para orang awam biar mempunyai banyak ilmu akan gua share artikel tentang gsm ,sebelum itu sebenernya GSM


APA SIH GSM??

Global System for Mobile Communication (GSM mulanya singkatan dari Groupe Spécial Mobile) adalah sebuah teknologi komunikasi seluler yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Teknologi ini memanfaatkan gelombang micro dan pengiriman signal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi seluler sekaligus sebagai teknologi seluler yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.
sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Global_System_for_Mobile_Communications

 Simpel:
GSM adalah teknologi yang diterapkan pada teknologi seluler khususnya telephone genggam yang dapat dibawa kemana mana...

Setelah mempalajari Pengertian dari GSM selanjutnya anda akan mempelajari Arsitektur GSM untuk itu fokus adalah hal yang utama sebelum itu berdoalah....biar barokah....
Untuk menuju ke penjelasan nya lihat gambar dibawah ini ,,Gambar dibawah ini adalah Arsitektur Jaringan GSM ,,
Arsitektur jaringan GSM (gambar 1) terdiri dari 3 komponen utama yakni:
  1. Mobile Station
  2. Base Station Subsytem (BSS)
  3. Network Subsytem (NSS)
Entitas Mobile Station terdiri dari Mobile Equipement (ME) yakni perangkat keras & perangkat lunak untuk transmisi radio yang dikenal dengan istilah telepon seluler (ponsel) dan Subcriber Identification Module (SIM).
Mobile equipment (ME) secara unik diidentifikasikan dalam format International Mobile Equipment Identity (IMEI). SIM card berisi International Mobile Subscriber Identity (IMSI) yang digunakan untuk indentifikasi pelanggan ke sistem, kunci rahasia (untuk autentifikasi) serta menyimpan informasi lainya seperti phone book atau pesan sms. SIM card dapat diproteksi dari penggunaan yang tidak terotorisasi dengan password atau personal identity number (PIN).


 gambar BTS

Base Station Subsytem (BSS) terdiri dari Base Tranciever System (BTS) dan Base Station Controler (BSC). Base Station Controllers (BSC) mengontrol dan mengatur beberapa BTS. BSC bertanggung jawab untuk memelihara koneksi (hubungan radio) saat panggilan dan kepadatan lalulintas panggilan pada areanya dan meneruskannya ke Network Subsystem. BSC juga menangani setup radio-channel, frequency hopping, serta proses handover. BTS merupakan alat tranceivers radio (transmitter receiver radio) pada suatu area didefiniskan sebagai sebuah cell dan menangani protokol radio-link dengan Mobile Station lewat Um interface yang juga dikenal dengan air interface (radio link).

gambar BSC
Network Subsystem terdiri dari Mobile Switvhing Centres (MSC) dan beberapa database yang terhubung dengannya seperi Home Location Register (HLR), Visitor Location Register (VLR), Authentication Center (AuC) serta Equipment Identity Register (EIR). Mobile Switching Centers (MSC) berfungsi untuk switching suatu panggilan telepon dari jaringan internal atau dari jaringan lain (eksternal), call routing untuk pelanggan yang melakukan roaming (roaming subscriber), menyimpan informasi billing
serta data base lain yang berisi informasi subscriber ID (IMSI), nomor ponsel pelanggan, beberapa layanan atau larangan yang berkaitan dengan pelanggan, autentifikasi serta informasi lokasi pelanggan. 

HLR dan VLR bersama dengan MSC mernyediakan call-routing dan fungsi roaming dari GSM. HLR berisi semua informasi administrasi dari setiap pelanggan yang tersambung pada jaringan GSM. VLR berisi informasi administrasi teripilih dari HLR, yang penting untuk control panggilan (call control) dan provisi dari layanan pelanggan, dan control posisi setiap ponsel pada area geografis.
Equipment Identity Register (EIR) merupakan database yang berisi suatu daftar valid mobile equipment pada jaringan. Setiap mobile station diidentifikasikan dengan International Mobile Equipment Identity (IMEI). Pada kasus khusus sebuah IMEI ditandai/didaftarkan invalid bila ponsel dilaporkan dicuri/dirampas dari pemiliknya.
Authentication Center (AuC) merupakan database proteksi yang menyimpan salinan dari kunci rahasia (secret key) yang terdapat pada setiap SIM card pelanggan. Proteksi ini digunakan untuk autentifikasi dan enkripsi pada channel radio.
 Operations and Maintenance Center (OMC)
Entitas Operations and Maintenance Center (OMC) tidak terlihat pada gambar 1 namun perannya cukup vital yakni memonitor operasionalnya jaringan dalam sistem serta melakukan fungsi konfigurasi remote.

nah semoga sampe sini anda mudeng ,,tapi saya ragu anda mudeng ,,untuk itu perlu belajar lebih giat biar mudeng ,, 
dari pada nanti tambah pusing ,mungkin akhiri aja artikel ni ..Sekian dari saya Terima kasih...
Arsitektur Jaringan Gsm Arsitektur Jaringan Gsm Reviewed by Unknown on Maret 21, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Catur Ahmad Burhanudin. Diberdayakan oleh Blogger.