Jaringan 5G

Hi,,,Semua agan agan yang baik hati dan tidak sombong dan suka menyolong ,,hari ini yang cerah saya selaku admin mau beri info seputar jaringan mobile yang bakalan ada kedepannya ,untuk itu agan yang belum update harware dan ilmu jaringan 4G siap siap aja ketinggalan jaman yang sangat jauh karena kali ini akan saya bahas tentang jaringan 5G ya jaringan mobile generasi ke 5 (5 Generation),nah buat agan yang masih 3G sekarang update ke 4G biar nggak ketinggalan jaman hehehehehehe.



Sebelum masuk ke materi ini ada beberapa fakta tentang 5G
Tantangan yang dihadapi pada 5G adalah persamaan persepsi tentang standar dan rencana kedepan tentang teknologi ini. Beberapa yang menarik seperti data rate, latency dan pemanfaatan cost energy. Kecepatan aplikasi seperti streaming high dengan kualitas yang tinggi harus tahan terhadap latency, reliabilitas.

1.Data Rate : 

Merupakan seuatu kebutuhan untuk mendukung layangan mobile data yang kian berkembang. Data rate dapat diukur dengan berbagai macam cara, berikut merupakan rencana target dari 5G :
  • Aggregate Data Rate : atau disebut juga dengan kapasitas area dengan satuan bits/s , telah disepakati bahwa kecepatan 1000 x 4G
  • Edge Rate dengan 5 % kecepatan pada sisi user. Data yang paling buruk diterima di sisi user. Target dari 5G adalah edge rate pada user minimal 100 Mbps (cukup untuk layanan high definition streaming)
  • Peak Rate : merupakan kebalikan dari edge rate, user diharapkan dapat diberikan layanan yang maksimum oleh 5G dengan rentang target 10 Gbps.

 2.Latency (Delay) :

 Delay roundtrip untuk 4G sekitar 15 ms, dan 1 ms untuk subframe time dengan       overhead access. sementara untuk 5G target dari delay roundtrip hanya sebesar 1 ms. Dengan standar seperti ini, user tidak lagi akan merasakan gambar yang patah patah lagi.

3.Energy dan Cost : 

Teknologi yang akan dikembangkan adalah tentang mmWave, dengan menggunakan ini maka frekuensi tinggi akan digunakan, mmWave 10-100x lebih murah dalam penggunaan efisiensi power dibandingkan dengan 3G dan 4G.


Nah semoga anda mengerti tentang yang tertuliskan diatas..heheheheh ,,selanjutnya kita bahas tentang Arsitektur jaringan 5G ,persiapkan pikiran anda dan kemampuan anda jangan lupa untuk menyiapkan secangkir teh untuk menemani anda ,,wkwkwkwkwk..nddak usah basa basi lagi langsung ke topik..

Arsitektur Jaringan 5G

Gambar berikut menjelaskan bahwa jaringan 5G adalah berbasis IP dirancang untuk jaringan nirkable dan mobile.
maaf kalo gambarnya agak ngeblurr..hehehehhe..
Sistem terdiri dari pengguna terminal utama dan kemudian sejumlah teknologi akses radio independen dan otonomi. Setiap dari teknologi radio yang dianggap sebagai link IP untuk dunia internet luar. Teknologi IP yang dirancang secara eksklusif untuk memastikan data kontrol yang memadai untuk routing sesuai paket IP yang berhubungan dengan koneksi aplikasi tertentu yaitu sesi antara aplikasi-aplikasi client danserver di suatu tempat di Internet. Selain itu, untuk membuat dapat diakses routing paket harus tetap sesuai dengan kebijakan tertentu pengguna (seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah).

Teknologi inti Master

Seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, MasterCore 5G adalah titik pertemuan bagi teknologi lainnya, yang memiliki dampak mereka sendiri pada jaringan nirkabel yang sudah ada. Menariknya, desain yang memfasilitasi MasterCore untuk mendapatkan dioperasikan ke paralel multimode termasuk semua modus jaringan IP dan modus jaringan 5G. Dalam mode ini (seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah), ia mengendalikan semua teknologi jaringan RAN dan jaringan akses berbeda (DAT). Sejak itu, teknologi ini kompatibel dan mengelola semua penggunaan baru (berdasarkan 5G), lebih efisien, lebih rumit dan lebih kuat.
 
 
 
Anehnya, mode layanan apa pun dapat dibuka di bawah 5 G baru penyebaran Mode sebagai dunia kombinasi layanan Mode (WCSM). WCSM adalah fitur yang wonderful pada teknologi ini; sebagai contoh, jika seorang profesor menulis pada papan putih di sebuah negara itu dapat ditampilkan pada papan putih yang lain di bagian lain di dunia selain percakapan dan video. Lebih lanjut, Layanan baru dapat dengan mudah ditambahkan melalui Layanan multimode paralel.
 

 
Jaringan 5G Jaringan 5G Reviewed by Unknown on Maret 25, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Catur Ahmad Burhanudin. Diberdayakan oleh Blogger.