Arsitektur Jaringan 3G (UMTS / W-CDMA)

HI Boss kali ini saya atau admin akan memberikan sebuah postingan atau artikel berkaitan dengan jaringan mobile ..yang khususnya ditujukan untuk jaringan mobile generasi ke 3 atau bisa juga disebut 3G .Nah sebelum ke penjelasan tentang arsitektur nya saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang pengertian jaringan 3G...untuk itu simak baik baik ..

Dasar Jaringan  UMTS / W-CDMA

 WCDMA adalah singkatan dari Wideband Code Division Multiple Access, sebuah teknologi koneksi data yang merupakan penyempurnaan untuk jaringan GSM yang sudah ada sebelumnya. Biasanya teknologi ini disebut juga dengan '3G' atau 3rd Generation



Wideband Code Division Multiple Access merupakan teknik multiple access yang berdasarkan spektral tersebar, dimana sinyal informasi disebar pada pita frekuensi yang lebih besar daripada lebar pita sinyal aslinya (informasi). Sistem WCDMA hanya memerlukan satu channel frekuensi radio untuk semua pemakainya, masing-masing pemakai diberi kode yang membedakan antara pengguna satu dengan yang lain. Skema metode akses yang digunakan untuk penyebaran sinyal WCDMA adalah direct sequence dimana code sequence digunakan secara langsung untuk memodulasi sinyal radio yang dipancarkan dengan menggunakan sinyal penebar.  http://telekominikasi-saeful.blogspot.co.id

Oke lanjut ke sesi berikutnnya ,,,tetapi tunggu dulu gan apakah anda maksud yang saya tulis disini??? saya agak ragu ragu sama agan agan semua ,,maksud apa nggak ya??
Maksud ngga maksud ikutin terus ..LANJUT

Arsitektur Jaringan 3G

Nah kali ini akn dijelaskan sedikit lebih banyak tentang arsitektur jaringan 3g ,,untuk itu sediakan secangkir kopi + pendampingnya kayak roti bolu atau yang lain nya biar fokus  hhehehehehehe.
untuk lebih mudeng dengan apa yang saya tulis agan bisa melihat gambar gambar yang udah disediakan ...dibawah ini..


Nah pusing kan baru lihat gambar nya ,,kali ini akan dijelaskan maksud dari gambar gambar yang membingungkan diatas.

1. UE (User Equipment)

User Equipment merupakan perangkat yang digunakan oleh pelanggan untuk dapat memperoleh layanan komunikasi bergerak. UE dilengkapi dengan smart card yang dikenal dengan nama USIM (UMTS Subscriber Identity Module) yang berisi nomor identitas pelanggan dan juga algoritma security untuk keamanan seperti authentication algorithm dan algoritma enkripsi. Selain terdapat USIM, UE juga dilengkapi dengan ME (Mobile Equipment) yang berfungsi sebagai terminal radio yang digunakan untuk komunikasi lewat radio.
 

 2. UTRAN (UMTS Terresterial Radio Access Network)

 

Di dalam UTRAN terdapat beberapa elemen jaringan yang baru dibandingkan dengan teknologi 2G yang ada saat ini, di antaranya adalah node B dan RNC (Radio Network Controller).

RNC (Radio Network Controller)

RNC bertanggung jawab mengontrol radio resources pada UTRAN yang membawahi beberapa Node B, menghubungkan CN (Core Network) dengan user, dan merupakan tempat berakhirnya protokol RRC (Radio Resource Control) yang mendefinisikan pesan dan prosedur antara mobile user dengan UTRAN.

Node B

Node B sama dengan Base Station di dalam jaringan GSM. Node B merupakan perangkat pemancar dan penerima yang memberikan pelayanan radio kepada UE. Fungsi utama node B adalah melakukan proses pada layer 1 antara lain : channel coding, interleaving, spreading, de-spreading, modulasi,
demodulasi dan lain-lain. Node B juga melakukan beberapa operasi RRM (Radio Resouce Management), seperti handover dan power control

3. CN (Core Network)

 

Core Network berfungsi sebagai switching pada jaringan UMTS, memanajeman jaringan serta sebagai interface antara jaringan UMTS dengan jaringan yang lainnya. Komponen Core Network UMTS terdiri dari :
  • MSC (Mobile Switching Center)
MSC didesain sebagai switching untuk layanan berbasis circuit switch seperti video, video call.
  • VLR (Visitor Location Register)
VLR merupakan database yang berisi informasi sementara mengenai pelanggan terutama mengenai lokasi dari pelanggan pada cakupan area jaringan.
  • HLR (Home Location Register)
HLR merupakan database yang berisi data-data pelanggan yang tetap. Data-data tersebut antara lain berisi layanan pelanggan, service tambahan serta informasi mengenai lokasi pelanggan yang paling akhir (Update Location)
  • SGSN ( Serving GPRS Support Node)
SGSN merupakan gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Fungsi SGSN adalah sebagai berikut :
Mengantarkan packet data ke MS
Update pelanggan ke HLR
Registrasi pelanggan baru
  • GGSN ( Gateway GPRS Support Node )
GGSN berfungsi sebagai gerbang penghubung dari jaringan GPRS ke jaringan paket data standard (PDN). GGSN berfungsi dalam menyediakan fasilitas internetworking dengan eksternal packet-switch network dan dihubungkan dengan SGSN via Internet Protokol (IP). GGSN akan berperan antarmuka logik bagi PDN, dimana GGSN akan memancarkan dan menerima paket data dari SGSN atau PDN. 

Selain itu juga terdapat beberapa interface baru, seperti : Uu, Iu, Iub, Iur. Antara UE dan UTRAN terdapat interface Uu. Di dalam UTRAN terdapat interface Iub yang menghubungkan Node B dan RNC, Interface Iur yang menghubungkan antar RNC, sedangkan UTRAN dan CN dihubungkan oleh interface Iu. Protokol pada interface Uu dan Iu dibagi menjadi dua sesuai fungsinya, yaitu bagian control plane dan user plane

Bagian user plane merupakan protocol yang mengimplementasikan layanan Radio Access Bearer (RAB), misalnya membawa data user melalui Access Stratum (AS). Sedangkan control plane berfungsi mengontrol RAB dan koneksi antara mobile user dengan jaringan dari aspek : jenis layanan yang diminta, pengontrolan sumber daya transmisi , handover , mekanisme transfer Non Access Stratum (NAS) seperti Mobility Management (MM), Connection Management (CM), Session Management (SM) ,dan lain-lain.

fiuhhh akhirnya selese juga gan ,,mngkin secangkir kopi udah habis beserta kawan kawan nya ...hehehehe
oke untuk jaringan 4G udah saya tulis kalo mau tinggal baca aja di google.com atau ke bog ane aje udah lengkap kok heheheheh https://tersimpel.blogspot.co.id/2017/03/arsitektur-jaringan-4g-lte.html

Terima kasihh 
Arsitektur Jaringan 3G (UMTS / W-CDMA) Arsitektur Jaringan 3G (UMTS / W-CDMA) Reviewed by Unknown on Maret 22, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Catur Ahmad Burhanudin. Diberdayakan oleh Blogger.