Tutorial Konfigurasi DNS Server Di ubuntu - Belajar Linux Server Bag. 14

Pada suatu hari yang cerah apakah anda perna berpikir, kalo seandainya fitur Phonebook tidak disertakan dalam Handphone kita.Hahaha, mungkin perlu waktu khusus buat menghafal rangkaian No Telp untuk tiap-tiap orang. Terima kasih saya ucapkan buat orang yang punya ide Phonebook ini. Karena dengan fitur ini, maka kita hanya cukup mengetahui saja nama orang yang akan kita hubungi.
Dan tugas dari Phonebook ini adalah menerjemahkan dari nama orang menjadi No Telp atau sebaliknya ,sesuai dengan yang telah kita input sebelumnya. Konsep inilah yang menginspirasi manusia dalam menciptakan DNS Server. Dengan adanya DNS, kita tidak perlu lagi menghafalkan alamat IP dari setiap website. Kita hanya perlu mengetikkan nama domainnya dan akan diterjemahkan menjadi alamat IP oleh DNS server.

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan sebuah informasi tentang cara konfigurasi DNS Server di ubuntu server atau bisa digunakan pada  ubuntu desktop anda buat latihan.

 Untuk memanfaatkan fitur DNS ini, maka kita perlu untuk menginstall aplikasi bind9 di PC server yang akan difungsikan sebagai DNS server. Langsung saja, gini langkah-langkahnya buat instalasi dan konfigurasinya :

Persiapan Konfigurasi DNS Server

1. Siapakan 3 buah PC , 1 buat client, 1 buat DNS Server, dan 1 lagi buat host tujuan. Dan atur desain jaringan dan pengaalamatan IP-nya (gunakan perintah ifconfig untuk memberi alamat IP pada OS Linux) seperti gambar ini. Pastikan kalo semuanya saling terkoneksi.

 Konfigurasi

1. Install paket bind9 di PC yang akan difungsikan menjadi DNS Server dengan mengetikkanperintah sudo
apt-get install bind9
 2. Masih tetap dalam PC DNS Server. Masuk ke dalam direktori /etc/bind dan copy file db.local menjadi db.banyuwangi.zone. Copy juga file db.127 menjadi db.banyuwangi.rev.

3. Edit file named.conf.local dan tambahkan beberapa skrip ini menggunakan perintah nano /etc/bind/named.conf.local .(sesuaikan dengan yang gambar)


4. Edit file db.banyuwangi.zone . Menggunakan perintah nano /etc/bind/db.banyuwangi.zone


5. Edit juga file db.banyuwangi.rev . Menggunakan perintah nano /etc/bind/db.banyuwangi.rev

6. Setelah itu isikan alamat IP DNS Server (192.168.10.2) pada PC klien. Untuk klien yang menggunakan sistem operasi Ms Windows, anda bisa mengisi IP DNS pada kolom yang sudah disediakan. Untuk sistem operasi Ubuntu, anda bisa mengedit file resolv.conf yang terletak dalam direktori /etc. Gunakan perintah sudo nano /etc/resolv.conf untuk mengeditnya. Edit file tersebut seperti ini :
nameserver 192.168.10.2
 7. Setelah anda konfigurasi maka dicoba dengan cara ketikkan 
nslookup banyuwangi.com

sekian tutorial yang saya berikan semoga bermanfat jika ada saran silahkan ditulis di kolom komentar ,bye
Tutorial Konfigurasi DNS Server Di ubuntu - Belajar Linux Server Bag. 14 Tutorial Konfigurasi DNS Server Di ubuntu - Belajar Linux Server Bag. 14 Reviewed by Unknown on September 08, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Catur Ahmad Burhanudin. Diberdayakan oleh Blogger.