Cara Kerja DNS Server - Belajar Linux Server Bag. 13

 Pengertian

Hi gan ,udah lama nggak ngeblog tentang masalah server nih ,kali ini saya mau ngasih tau informasi tentang DNS Server.DNS Server adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.
Anda pernah menghafalkan ip dan nama domainnya? jika pernah yang gampang untuk dihafalkan IPnya atau nama domainnya? pasti anda menjawab nama domainnya. Itulah fungsi dari DNS ,dalam otak,manusia cenderung untuk menghafalkan namanya dari pada angka angka yang tertulis.Sehingga dibuatlah system untuk memudahkan menghafal suatu IP.

 Cara Kerja DNS Server:


1. Sebenarnya domain itu adalah nama dari sebuah IP address.

    Domain: www.smu.edu.sg

    IP: 192.186.253.70

2.Saat workstation /client mengakses www.smu.edu.sg menggunakan browser ,pc client tidak tau ip yang dituju,sehingga client menanyakan nya ke server DNS terdekat ,jika tidak ada yang pernah mengakses web www.smu.edu.sg pada Server DNS tersebut maka client akan mencari domain www.smu.edu.sg ke Server DNS selanjutnya setelah Server DNS yang pertama.

3. Jika sudah di temukan maka DNS Server akan memberi tahu informasi bahwa domain www.smu.edu.sg ber ip 192.186.253.70 . Kenapa harus meminta ip ke dns server terdekat ? karena syarat untuk sharing data adalah harus menggunakan ip tujuan,saat anda mengakses www.smu.edu.sg ,komputer sendiri tidak mengerti tujuan nya sehingga ia akan mencari ke Server yang ada DNS nya untuk mentranslitkan nama domain ke ip.

4. Anda pernah melihat lingkaran yang ada di browser anda berputar .Itu adalah peristiwa dimana pc sedang mencari informasi ip tujuan.

5. Jika sudah mendapatkan ip tujuan maka pc akan langsung mengakses ip tersebut.

Nah itulah cara kerja DNS Server mungkin jika kurang jelas cari di google.com
,Tunggu artikel selanjutnya yaitu tentang cara konfigurasi DNS Server di Ubuntu ya Gan ... 
Cara Kerja DNS Server - Belajar Linux Server Bag. 13 Cara Kerja DNS Server - Belajar Linux Server Bag. 13 Reviewed by Unknown on September 08, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Catur Ahmad Burhanudin. Diberdayakan oleh Blogger.